Hati-hati penipuan mengatasnamakan Go-Jek berhadiah Go-Pay





Jaman semakin modern teknologi pun juga semakin modern. Fase ini lah yang sangat gampang untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan melalui media online, telepon, dan lain-lain.

Dulu viral tentang 'Mama minta pulsa' yang menggunakan perantara melalui SMS, bahkan penipu sekarang banyak yang semakin berani, bukan cuma lewat SMS, namun langsung menelepon calon korban.

Dan kasus penipuan yang terbaru dan tentu yang saya alami sendiri, yaitu tentang penipuan yang mengatasnamakan Gojek.

Singkat cerita, saya dapat telepon dari nomor tak dikenal yang mengatasnamakan Gojek. Dia mengatakan bahwa nomor saya yang terdaftar di akun Go-jek akan mendapatkan hadiah Go-Pay sebesar 3jt Rupiah.

Sebenarnya dalam hati saya sudah tahu kalau ni orang cuma mau nipu, tapi saya orangnya nggak tegaan sama orang, saya ladenin dulu seolah-olah saya percaya, biar Dia nggak kecewa.

Jadi modusnya begini. Dia (Penipu) menggunakan nomor telepon kita untuk masuk ke aplikasi Gojek, sesaat setelah  melakukan login Dia akan langsung menelepon kita dan memberitahukan bahwa nomor telepon yang kamu gunakan untuk mendaftar akun Gojek akan mendapatkan hadiah Gopay.

Saat telepon berlangsung Gojek akan mengirim SMS ke HP mu sebuah kode Verifikasi untuk Login di HP si penipu. Kenapa pas login dan verifikasi dilakukan bersamaan saat menelepon? Karena biar kita percaya bahwa itu dari Go-Jek beneran.

Setelah SMS kode verifikasi masuk kita disuruh membaca kode tersebut, dan otomatis Dia langsung bisa masuk ke akun Go-Jek kita.

Dalam keadaan telepon kita disuruh bertransaksi pembelian Go-Pay yang ditujukan ke nomor akun kita sendiri, jika kita lakukan transaksi tersebut otomatis saldo Go-Pay akan masuk ke akun kita yang sedang Login di dua perangkat seluler secara bersamaan.

Setelah saldo Go-Pay masuk, maka saldo tersebut akan langsung dipindahkan sama si penipu tersebut. Dalam proses itu Dia akan terus menelepon kita biar kita nggak ngurusin aplikasi Go-Jek yang ada di HP kita, jadi dia punya kesempatan untuk memindahkan saldo tersebut. Sadis bukan?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati penipuan mengatasnamakan Go-Jek berhadiah Go-Pay"

Post a Comment